Minggu, 02 Desember 2012

Aplikasi Pemrograman MapINFO


Penerbit : INFORMATIKA
Penulis : Eddy Prahasta
Tahun Terbit : 2005
Tebal Buku
: 702 Halaman
Kategori : Sistem Informasi Geografis / Map Info
Berat Buku : 0.7 Kg
Harga : Rp. 60,000



Pengembangan Aplikasi GIS dengan menggunakan Borlan Delphi, Ms. Visual Basic & MapBasic

Sebagaimana perangkat lunak Sistem Informasi Geografis moderen, MapInfo telah dilengkapi dengan sebuah programing tool yang memungkinkan setiap penggunanya untuk melakukan customazing terhadap program aplikasi yang dikembangkannya. Dengan progreming tool ini pula, kemampuan dan fungsionalitas MapInfo propesional dapat lebih jauh ditingkatkan atau bahkan diperluas sehingga lebih baik dari paket (modul) standarnya. Selain itu, segala fungsionalitas yang terdapat dalam MapInfo propesional dapat dikendalikan dan diotomatiskan oleh baris-baris kode program yang dibuat dengan menggunakan tool ini. MapBasic, demikian tool ini disebut.

Satu hal yang sangat disukai oleh setiap pengguna (GIS Progremmer) MapInfo selain dari kemudahan pemekayannya, kehandalannya, relatif murah harganya, kelengkapan fungsionalitas analisis spasialnya, user-frienly, kelengkapan kandungan informasi (eksplisit) geodetic-related pada data spasialnya (table), dapat diporgram dengan protokol DDE, dan banyak digunakan di bidang yang terkait per-telekomunikasian adalah kemampuannya dalam bertindak sebagai server OLE automation. Hingga saat ini, adalah sangan sedikit perangkat lunak yang dilengkapi dengan kemampuan ini.

Buku ini mengajak pada setiap pembacanya - memalui tulisan yang bercorak how to - untuk memahami pengembangan aplikasi sistem informasi geografis memalui materi-materi seputar:
  • Pemrograman MapBasic: tampilan, peta tematik & legenda, tabel atribut & query, grafik, manipulasi tampilan citra dijital & hotlink, grid 3D & peta prisma, pembuatan layout, redistricting, analis spasial, pembuatan user interface, penggunaan fungsi-fungsi eksternal.
  • Berkomunikasi dengan aplikasi lain memalui protokol DDE
  • pembuatan aplikasi integrated mapping dengan menggunakan Ms. Visual Basic dan Borlan Dhelpi